◄►broxzin adventure◄►

Monday, November 24, 2008

MENYUSURI JALAN BEBATUAN DI DAERAH IMOGIRI BANTUL DAN GUNUNG KIDUL

Seperti biasanya tepat pukul 5:30 saya bersama pacar menuju ke warung gudeg untuk makan pagi di daerah pondok pesantren Krapyak Yogyakarta. Berawal dari jalan2 biasa, tapi akhirnya pun menjadi petualang tanpa arah di daerah Imogiri dan Gunung Kidul Yogyakarta. Kami melewati jalan Imogiri kea rah Selatan terus sampai mentok, sesampai di pertigaan kalau ke kiri menuju kearah tempat pemakaman Raja-raja dan kalau kearah kiri menuju Gua Cerme dan Pantai Parangtritis. Kamipun memutuskan kea rah kanan, yaitu menuju ke Gua Cerme dan arah pantai Parangtritis.

Di sepanjang perjalanan yang berkelok-kelok dan menanjak sesekali turun kami disambut dengan persawahan dan juga pohon2 di samping kanan kiri jalan. Waktu itu jalan masih lumayan bagus untuk dilewati, karena masih beraspal, akan tetapi lama kelamaan sesampainya di lereng perbukitan Gua Cermai jalan berubah menjadi bebatuan disertai dengan lumut yang menempel di batu jalan tadi. Sayapun lantas nekat saja melintas di jalan bebatuan tadi disertai dengan perkampungan penduduk demi petualangan tanpa arah ini..walaupun itu entah sampai mana akan tetapi kami lewati haling rintangan apapun itu. Sempat terpikirkan olehku jika kita melewati daerah perkampungan dengan jalan bebatuan serta dengan berbagai tanjakan dan rintangan apakah nantinya kita akan sampai pantai Parangtritis ??? Padahal daerah itu tanpa kami sadari dari Imogiri Bantul kemudian sudah melewati daerah yang menjadi satu bagian kawasan wilayah Gunung Kidul. Setelah berliku2 dan sempat menemukan beberapa danau buatan manusia yang kering pada waktu itu, akhirnya kami sampai di jalanan beraspal…itupun kita rela2in bertanya kepada penduduk setempat.

Setelah menemukan jalanan beraspal, akhirnya kamipun lega dengan semuanya itu, karena berjalan di jalanan batuan lebih menyakitkan daripada berjalan di jalanan aspal..hehehe…neech punggung sempat pegel rasanya...huhhhh..capeknya minta ampun dech. Saat itu juga saya yakin bahwa jalanan beraspal tadi menembus kearah Pantai Parangtritis Yogyakarta. Namun setelah di tengah2 perjalanan kamipun tak asing lagi dengan jalan tersebut, karena kami sering pergi ke daerah Gunung Kidul yang berbukit-bukit tersebut. Kamipun seperti diputer-puterkan (dibingungkan) oleh jalan sehingga kamipun sempat bolak-balik di jalan tersebut, dan dengan terpaksa kami bertanya pada seorang penduduk setempat yang kebetulan sedang berjalan di jalan yang sedang kami lewati itu. Kamipun bertanya kepada Ibu2 yang sedang berjalan tadi....Bu arah Pantai Parangtritis kemana yach?? Kemudian Ibu itu menjawab kalau lurus terus searah dengan perjalanan kami tadi itu tembusannya kea rah Pantai Baron Gunung Kidul..nach kalau berlawanan arah dengan yang kami laju dengan motor maka akan menuju kea rah Pantai Parangtritis. Huuuhhh kalau diitung2 kami bolak-balik jalan tersebut sampai 2 kali ternyata…dan akhirnyapun saya balikkan motor ke yang berlawanan arah. Dan akhirnya sampai juga dech perjalanan kami di Pantai Parangtritis Yogyakarta dengan penuh perjuangan yang berat, karena kita lewati jalanan bebatuan yang licin dengan tanjakan dan turunan, disamping itu juga sempat bolak-balik di jalan satu arah…huuhhhh…

Sesampai di Pantai kamipun sempatkan untuk beristirahat sejenak melepas penat dan capek sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Dan setelah puas jalan2 di Pantai Parangtritis, kamipun menyempatkan mampir di warung untuk makan soto. Setelah selesai dan puas dengan semuanya kamipun memutuskan untuk balik ke rumah.

2 comment(s):

bagus and seru jg crt2y about jln2y ke gua cerme.....tp skr jlny dah lumayan bagus kok.

By Anonymous Anonymous, at 12:04 AM  

Makasih...:)
yup namanya juga jalan iseng alias asal nemu jalan kita lewati aja...hehe kita sempat bingung juga..

pas waktu kesana sebagian jalan sudah diaspal sebagian besar belum..:)

Thanks infonya yach & salam kenal..:)

By Blogger BROXZIN, at 3:53 PM  

Post a comment

<< Home