◄►broxzin adventure◄►

Wednesday, July 09, 2008

Dari Hipotermia, Frostbite hingga Kecelakaan


Pendaki gunung, utamanya gunung es, harus menghadapi berbagai tantangan datangnya cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem itu bisa menimbulkan berbagai keadaan yang mengancam nyawa.

Mulai dari hipotermia, frostbite, hingga kelalaian pendaki yang bisa menimbulkan kecelakaan.

"Hipotermia paling sering. Hipotermia itu suhu tubuh lebih rendah dari suhu lingkungan," ujar Ketua Federasi Mountaneering Indonesia (FMI) Jody Alexander ketika dihubungi detikcom, Rabu (9/7/2008).

Turunnya suhu tubuh yang sangat cepat itu, imbuh dia, membuat pendaki kehilangan kontrol diri.

"Kehilangan panas tubuh bisa mati, karena suhu dibawah temperatur normal," kata dia.

Ancaman lain, imbuh dia, adalah frostbite, atau pembekuan bagian tubuh hingga membuat bagian tubuh membusuk karena hawa terlalu dingin.

Namun, nyawa pendaki masih bisa diselamatkan kalau bagian tubuh yang terkena frostbite itu diamputasi.

"Bisa busuk. Busuknya naik terus, mematikan saraf. Kalau nggak dipotong bisa meninggal. Sebaiknya dipotong supaya nggak infeksi," jelas Jody yang mendaki gunung sejak tahun 1978 ini.

Menurut dia, frostbite itu terjadi karena bagian tubuh tidak cukup tertutup saat cuaca ektrem dingin. Seperti sepatu bocor karena kena air, atau sarung tangan yang lubang. Hal ini terjadi karena perlengkapan tidak memadai.

"Banyak terjadi di jari kaki, jari tangan. Paling nggak kita kontrol. Mendaki gunung begitu kita nggak bisa spekulasi lagi. Harus ada cadangan (perlengkapan)," kata dia.

Satu lagi yang dapat mengancam nyawa, adalah faktor kelalaian pendaki sendiri.

"Bisa kesalahan dia sendiri. Cuaca bagus tapi karena kesalahan sendiri, mungkin jatuh ke jurang, bisa saja," kata dia.

Pungkas Tri Baruno (20), pendaki Indonesia meninggal saat turun dari puncak Gunung McKinley, Alaska, Amerika Serikat (AS). Belum diketahui penyebab kematian Pungkas yang akrab disapa Pupung itu, yang tergabung dalam 'Tim Ekspedisi Tunas Indonesia Mt Mc Kinley Alaska-Mt Vinson Massif Antartica 2008'.(nwk/Ari)

3 comment(s):

Tapi, kalo hypotermia.. brarti ada bagian dari tbuh K'Pung yang rusak karna saraf2nya mati donk?

By Blogger Ratna Aulia ♥, at 4:47 AM  

Thx for the information ..
i love this guy so much! =)

By Blogger Ratna Aulia ♥, at 4:49 AM  

Untuk Ratna sebelumnya terimakasih comentnya yach...memang benar sekali apa yang dikatakan saudari Ratna di atas. Perlu kita ketahui bahwasannya hipothermia adalah gangguan medis yang terjadi didalam tubuh dimana terjadi penurunan temperatur tubuh secara tidak wajar disebabkan tubuh tidak mampu lagi memproduksi panas untuk mengimbangi dan menggantikan panas tubuh yang hilang dengan cepat karena buasnya tekanan buruk dari luar, yaitu udara dingin disertai angin, juga hujan, dan ketidak-pedulian dari Subyek itu sendiri yang makin memperparah keadaan, yaitu memakai pakaian basah, tubuh lelah dan lapar, serta seluruh tubuh terutama kepala tidak terlindung dari terpaan angin dingin.

By Anonymous Anonymous, at 3:09 PM  

Post a comment

<< Home