◄►broxzin adventure◄►

Tuesday, July 08, 2008

Pendaki RI Tewas di Alaska


Pungkas Tri Baruno (20) meninggal usai mendaki Gunung Mc Kinley di Alaska, AS. Ekspedisi pendaki Indonesia ini memang bukan sembarangan. Ini adalah puncak tertinggi di Amerika Utara.

Ensiklopedia Britannica menyebutkan Mc Kinley menjulang 6.194 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Alaska. Letaknya 210 km sebelah Barat Laut kota Anchorage. Puncaknya ada 2 dan berada di sisi Selatan gunung. Dua pertiga kawasan puncaknya tertutup salju abadi dan menjadi hulu dari berbagai glacier.

Mc Kinley berada di kawasan Taman Nasional Denali. Denali adalah nama pemberian suku Indian Alaska terhadap Gunung Mc Kinley. Arti Denali adalah "Yang Tertinggi". Nama modern diberikan pada 1889 sebagai penghormatan pada Presiden AS saat itu William McKinley.

Pada 1794, adalah George Vancouver, penjelajah Inggris yang menjadi bangsa Eropa pertama yang melihat gunung ini dari Teluk Alaska. Ekspedisi pertama dilakukan oleh James Wickersham pada 1903 namun gagal. Baru pada 1910, William Taylor dan Peter Anderson mencapai puncak Utara. Pada Juni 13 1913, barulah Hudson Stuck dan Harry Karstens mencapai puncak tertinggi di Selatan.

Berbagai ekspedisi digelar para pendaki dari seluruh dunia untuk mencapai puncak McKinley. Termasuk ekspedisi yang dilakukan Pungkas. Namun rupanya nasib berkata lain untuknya.
(fay/asy)

0 comment(s):

Post a comment

<< Home