◄►broxzin adventure◄►

Saturday, December 20, 2008

MENYUSURI GUA SEPLAWAN DI DAERAH PURWOREJO

Hari Kamis tanggal 18 Desember 2008 kami melakukan perjalanan menyusuri perbukitan Menoreh, tepatnya di lokasi Gua Seplawan Purworejo, Jawa Tengah. Letak Gua Seplawan adalah di daerah perbatasan antara daerah Kulonprogo Yogyakarta dengan daerah Purworejo Jawa Tengah tepatnya di sekitar perbukitan Menoreh. Perjalanan kita mulai dari kota Yogyakarta tepat pukul 9 pagi dengan menggunakan sepeda motor melalui jalur jalan Wates kemudian belok ke kanan melewati Kalibawang. Dari arah Kalibawang nanti terdapat 3 jalur arah jalan, kita ambil jalur yang tengah untuk menuju ke Gua Seplawan. Sebelum kita sampai di Gua Seplawan nantinya kita akan melewati sebuah Gua yang masuk di daerah Kulon Progo. Gua itu adalah Gua Kiskendo, namun kami tidak mampir ke sana, akan tetapi kami hanya melewatinya saja. Mendekati lokasi Gua Seplawan akses menuju ke sana sangat menantang, dengan jalan yang berkelok-kelok, naik turun, dan juga sebagian jalan di sana mengalami rusak parah. Di kanan kiri jalan kami turut serta diiringi pepohonan yang rindang katakanlah hutan yg menemani perjalanan kami yg sunyi senyap sesekali ada penduduk yang menebang atau mencari kayu di hutan.

Sesampainya di Gua Seplawan kami dikenai retribusi Rp. 4000 sudah sama parkir sepeda motor. Di Gua Seplawan terdapat sebuah Candi Gondo Arum yang diketemukan pada tgl 16 September 1979. Candi tersebut sudah tidak berujud Candi, dan candi tersebut sangatlah kecil. Di samping candi terdapat sebuah gubuk kecil yang di dalamnya terdapat semacam benda purba yg tidak kami ketahui benda apa itu. Sayang beribu saying, waktu itu listrik padam sehingga mengurungkan niat kami untuk menyusuri Gua Seplawan yang sebagian dalamnya sudah diterangi menggunakan lampu dari PLN. Kami hanya sampai di mulut Gua saja dan di sana hanya sekedar photo2. Setelah puas melihat2 dilingkungan sekitar Gua, kamipun mampir sejenak di warung yang berdekatan dengan tempat parkiran. Sambil istirahat secara tidak sengaja kami bertemu dengan orang yang berasal dari daerah Purworejo dan kamipun ngobrol ngalor ngidul seputar Gua Seplawan tersebut. Ternyata Gua tersebut belom pernah ada yang menaklukkan dan kata penduduk di sekitarnya di dalam Gua Seplawan banyak sekali ruang cabang-cabangnya sehingga kalau kita memasukinya harus dipandu penduduk sekitar.

Setelah puas di warung dan ngobrol kamipun lantas melanjutkan perjalanan di lereng bukit yang masih di sekitar Gua Seplawan. Pemandangan dari lereng tersebut sangatlah indah sekali, bahkan pantai selatanpun kelihatan dari sana dan juga tempat wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta juga kelihatan. Selain pemandangannya yang sangat indah, di sekitar Gua Seplawan kebersihannya juga sangat terjaga. Gak bakal nyesel dech maen ke sana bakal ketagihan akan suasana dan keindagan alamnya. Rasa penasaran kami akan dalamnya Gua Seplawan tersebut meniatkan kami akan kembali lagi kesana di lain waktu.